Segudang Manfaat Rutin Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Loading...
Air putih merupakan minuman paling menyehatkan untuk tubuh. Mencukupi kebutuhan air putih setiap hari akan menjadikan tubuh senantiasa sehat, bugar dan terhindar dari berbagai penyakit. Ini juga bisa membuat tubuh jadi makin nyaman dan yang paling menarik adalah menjaga berat badan agar selalu di posisi ideal.


Kebiasaan minum air putih setiap hari khususnya di pagi hari setelah bangun tidur adalah kebiasaan yang sangat sehat. Melansir dari laman Purewow, minum segelas air putih di pagi hati setelah bangun tidur memiliki banyak manfaat sehat. Namun sayangnya, kebiasaan ini belum banyak dilakukan. Untuk manfaat sehat minum air putih saat bangun tidur, berikut sedikitnya 6 manfaat sehatnya.

1. Mengurangi sakit kepala
Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala. Meminum air di pagi hari merupakan langkah awal agar sakit kepala kamu tidak semakin parah. Sehingga tidak mengganggu performa kerja dan penampilan tentunya.

2. Mengeluarkan racun dari tubuh

Dengan meminum air di pagi hari dapat menjaga usus kecil dari dehidrasi. Saat keseimbangan air dalam tubuh seimbang, maka sistem pencernaan akan semakin baik. Kamu akan buang air lebih sering karena asupan air yang cukup. Semakin sering buang air, racun di dalam tubuh terbuang lebih cepat bersama urine.

3. Menjadi kebiasaan baik

Mengisi perut yang kosong di pagi hari dengan segelas air memiliki banyak manfaat mulai dari mengatur pencernaan hingga memberikan semangat dalam beraktivitas. Dengan membiasakan minum segelas air di pagi hari,  kamu bisa memiliki kebiasaan yang lebih baik setiap harinya.

4. Mengubah metabolisme tubuh

Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, meminum segelas air dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30 persen. minum air satu gelas saat perut kosong dapat membuat pencernaan lebih efisien untuk memulai hari.

5. Mencegah gangguan pencernaan

Ketika kamu mengonsumsi segelas air di pagi hari dapat membersihkan asam makanan dari kerongkongan yang bekerja saat tidur. Asam ini dapat mengganggu pencernaan jika tidak rutin dibersihkan.

6. Mencegah penyakit batu ginjal

Meminum air merupakan kunci utama untuk menipiskan zat dalam urine yang dapat menyebabkan batu ginjal. Memulai dengan segelas air di pagi hari setelah bangun dari tidur akan membuat usaha kamu mencukupi kebutuhan air dalam sehari jadi lebih mudah.

Itulah 6 manfaat sehat rutin minum air putih saat atau setelah bangun tidur di pagi hari. Mengingat begitu banyak manfaat sehatnya, apakah kamu masih ragu untuk minum air putih rutin setiap pagi saat bangun tidur? Semoga informasi ini bermanfaat.

7. Penyeimbang sistem getah bening

Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang Anda miliki.

8. Menyeimbangkan sistem limpa

Minum air di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Dengan menghidrasi tubuh, bisa memaksimalkan fungsi tubuh Anda dalam seharian, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah infeksi.

9. Melangsingkan tubuh

Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi Anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.

10. Membersihkan usus

Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan meminum air dalam keadaan perut kosong, kita membantu memurnikan usus kembali dan membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang masuk berikutnya.

11. Menambah darah

Saat Anda merasa lemas, pusing dan anemia, ada baiknya minum air dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, kita bisa membantu tubuh membentuk sel darah yang baru dan membantu pembentukan sel otot.

12. Memperlancar buang air besar

Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar.

13. Kulit jadi berkilau

Karena mengonsumsi air putih bisa membantu kita merontokkan racun di dalam tubuh, maka kulit pun jadi tidak kusam lagi. Bahkan konsumsi air putih setiap pagi setelah bangun tidur bisa membantu membersihkan racun dalam darah sehingga wajah kita berseri dan berkilau.

14. Peremajaan otot dan sel-sel darah Anda

Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh.
Catatan: Hasil bisa saja berbeda pada tiap orang, tergantung dengan kondisi tubuh seseorang. sebeum mengaplikasikannya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada para ahli/dokter dibidangnya. semua onformasi bersumber dari media online. kami tidak bertamggung jawab apabila terjadi sesuatu hal di luar ekspektasi.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Loading...
Back To Top